
Dalam penelitian ini yang dimaksud adalah tingkat kepuasan petani cengkeh yang merupakan anggota koperasi terhadap kinerja koperasi, di mana koperasi berperan sebagai penyedia jasa (produsen) dan anggota koperasi sebagai pengguna jasa (konsumen). Adapun analisis kuantitatif menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA), di mana analisis ini pada dasarnya digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan seseorang atas kinerja pihak lain dengan cara membandingkan tingkat harapannya dengan kinerja yang dilakukan pihak lain. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan sistem agribisnis cengkeh di Kabupaten Bulukumba sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis peran koperasi dalam agribisnis cengkeh di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran koperasi dalam agribisnis cengkeh di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Koperasi merupakan lembaga yang tepat untuk menjawab persoalan ekonomi pasar tersebut mengingat koperasi berciri sebagai asosiasi (perkumpulan orang), badan usaha dan sebagai suatu gerakan (untuk melawan penindasan ekonomi dan ketidakadilan sistem pasar). Oleh karena itu, diperlukan suatu lembaga yang dapat membantu petani dalam menjaga stabilitas harga cengkeh. Hal ini juga terjadi dalam agribisnis cengkeh, di mana pedagang pengumpul cenderung menentukan harga, bahkan dikenal adanya sistem ijon di mana harga cengkeh ditaksir dan ditentukan lebih dahulu sebelum panen tanpa mempertimbangkan harga pasar.

Pihak yang sering dirugikan adalah petani, bahkan seringkali penetapan harga jual terlalu jauh dari harga pasar sehingga tidak mampu menutupi biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani. Pada prinsipnya proses tawar menawar adalah hal yang biasa, namun pada beberapa komoditi dan wilayah tertentu, seringkali proses tawar menawar tidak seimbang (hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain).

Pedagang pengumpul memiliki posisi tawar lebih kuat dibandingkan para petani, sehingga mereka cenderung menentukan harga cengkeh jauh lebih rendah dari harga pasar. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani cengkeh di Kabupaten Bulukumba adalah harga cengkeh yang tidak stabil, di mana harga cenderung ditentukan oleh pihak tertentu, salah satunya adalah pedagang pengumpul dan ijon. Cengkeh merupakan komoditas unggulan keempat setelah kelapa, kakao, dan kopi. Adapun tanaman perkebunan yang termasuk komoditas unggulan, yaitu : kelapa dalam dan hibrida, kopi robusta dan arabika, kakao, cengkeh, jambu mete, karet, kapas, dan lada. Hal ini didukung dengan sumberdaya lahan yang luas, iklim yang sesuai dan keanekaragaman genetika sumberdaya hayati yang besar. Tuty Sariwulan, M.Sektor perkebunan merupakan salah satu potensi unggulan strategis yang memberikan konstribusi besar terhadap perekonomian Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Keywords: Service Quality, Price Perception, Members Satisfaction Item Type: Is the improvement of service quality and the urge to generate a good price Perception have influence equal to 50,7%. Furthermore, the price perception partially has a significant influence on Service partially has a significant influence on the satisfaction of members byĤ2,6%. Price perception, therefore, is very reliable research instruments to be used.Īnalysis of the research data using multiple regression analysis based on multiple Values of member satisfaction 0,860 0,936 to the quality of service, and 0,912 to Technique of interviews, observation and questionnaires using a total of 123 The research is a desriptive study using survey method. This study was conducted from March 2018 until Quality and to the satisfaction of the members at Cooperative Employees Member satisfaction, and examines the influence of price perception of service

The study aims to identify and analyze the service quality, price perception, Member Satisfaction at Cooperative Employees Secretariat General of DPR-RI.įaculty Economics, State University of Jakarta. The Influence of Service Quality and Price Perception on
